Tikus untuk Penelitian di Laboratorium


AddThis Feed Button

Tikus laboratorium adalah spesies tikus Rattus norvegicus yang dibesarkan dan disimpan untuk penelitian ilmiah. Tikus laboratorium telah digunakan sebagai model hewan yang penting untuk penelitian di bidang psikologi, kedokteran, dan bidang lainnya.


Tikus Jaya

1. Sejarah

sejarah tikusTikus liar yang digunakan dalam memancing tikus-akhirnya dibiakkan dalam negeri, menghasilkan albino tikus putih dikenal saat ini.[http://wapedia.mobi/ | Manto: 085643907204]

Laboratorium tikus asal berbagi dengan sepupu mereka di domestikasi, mewah tikus. Pada abad ke-18 Eropa, Brown tikus berlari liar merajalela dan investasi ini memicu industri penangkapan tikus. Penangkap tikus tidak hanya menghasilkan uang dengan menjebak tikus, tetapi juga dengan berkeliling dan menjual mereka untuk makanan, atau lebih penting, untuk memancing tikus. Memancing-Tikus adalah olahraga yang populer yang melibatkan mengisi gelanggang dengan tikus dan menghitung waktu berapa lama yang dibutuhkan seekor anjing terrier untuk membunuh mereka semua. Seiring waktu, perkembangbiakan tikus untuk kontes ini dihasilkan variasi warna, terutama albino dan beberapa varietas. Pertama kali salah satu mutan albino ini dibawa ke sebuah laboratorium untuk penelitian pada tahun 1828, dalam percobaan puasa. Selama 30 tahun kemudian tikus digunakan untuk beberapa eksperimen dan akhirnya laboratorium tikus menjadi binatang pertama yang dipelihara untuk alasan-alasan ilmiah murni.

tikus putih galur wistarTikus laboratorium yang albino dengan mata merah dan bulu putih merupakan organisme model ikonik untuk penelitian ilmiah di berbagai bidang.

Selama bertahun-tahun, tikus telah digunakan dalam banyak penelitian eksperimen, yang telah menambah pemahaman kita tentang genetika, penyakit, pengaruh obat-obatan, dan topik lain dalam kesehatan dan kedokteran. Laboratorium tikus juga terbukti berharga dalam studi psikologis belajar dan proses mental lainnya. Pentingnya sejarah spesies ini untuk riset ilmiah tercermin dengan jumlah literatur tentang itu, sekitar 50% lebih dari itu pada tikus.

Tikus peliharaan berbeda dari tikus-tikus liar dalam banyak cara. Mereka lebih tenang dan cenderung tidak menggigit, mereka dapat mentolerir untuk berkumpul dalam jumlah yang lebih besar, mereka berkembang biak lebih awal dan memproduksi lebih banyak keturunan, dan otak mereka, hati, ginjal, kelenjar adrenal, dan hati yang lebih kecil.

Para ilmuwan telah memunculkan banyak strain atau “galur” tikus khusus untuk eksperimen. Sebagian besar berasal dari tikus Wistar albino, yang masih digunakan secara luas. Galur umum lainnya adalah strain Sprague Dawley, Fischer 344, Holtzman albino strain, Long-Evans, dan Lister bertudung hitam tikus. Inbred strain juga tersedia tetapi tidak seperti yang biasanya digunakan sebagai bawaan tikus.

Tikus strain umumnya tidak transgenik, atau rekayasa genetika, karena teknik knockout gen dan sel induk embrio yang berhasil dilakukan untuk mencit (Mus musculus) relatif sulit pada tikus. Hal ini telah merugikan banyak peneliti, yang menganggap banyak aspek perilaku dan fisiologi pada tikus lebih relevan dengan manusia dan lebih mudah untuk mengamati daripada pada mencit dan yang ingin melacak pengamatan mereka berdasar gen. Akibatnya, banyak yang telah memaksakan untuk mempelajari pertanyaan ilmiah pada mencit yang mungkin sebenarnya lebih baik diteliti dengan tikus. Pada Oktober 2003, para peneliti berhasil mengkloning dua laboratorium tikus melalui transfer nuklir. Jadi tikus mungkin mulai terlihat lebih banyak digunakan sebagai subjek penelitian genetik. Sebagian besar genome Rattus norvegicus telah diurutkan.

2. Galur

Sebuah galur atau strain, mengacu pada tikus, adalah sebuah kelompok di mana semua anggota secara genetik identik. Pada tikus, ini dicapai melalui perkawinan sedarah. Dengan memiliki populasi jenis ini, adalah mungkin untuk melakukan percobaan pada peran gen, atau melakukan percobaan yang mengecualikan variasi dalam genetika sebagai faktor. Sebaliknya, outbred strain, digunakan ketika identik genotipe tidak diperlukan atau populasi acak diperlukan, dan lebih didefinisikan sebagai leluhur pembanding strain.

2. 1. Wistar rat

Adalah tikus Wistar strain outbred tikus albino milik spesies Rattus norvegicus. Jenis galur ini dikembangkan di Institut Wistar pada tahun 1906 untuk digunakan dalam biologi dan penelitian medis, dan adalah terutama galur tikus pertama dikembangkan sebagai model organisme pada saat laboratorium terutama menggunakan Mus musculus (mencit), atau mencit rumah. Lebih dari separuh dari semua strain tikus laboratorium adalah keturunan dari koloni asli yang dikembangkan oleh Henry fisiologi Donaldson, J. Milton administrator ilmiah Greenman, dan peneliti genetik / embriologi Helen Dean King.

Tikus Wistar saat ini menjadi salah satu yang strain tikus paling populer yang digunakan untuk penelitian laboratorium. Hal ini ditandai oleh kepala lebar, panjang telinga, dan memiliki ekor panjang yang selalu kurang dari panjang tubuhnya. Galur tikus Sprague Dawley dan Long-Evans dikembangkan dari tikus galus Wistar. Tikus Wistar lebih aktif daripada jenis lain seperti tikus Sprague dawley.

2. 2. Tikus Sprague Dawley

Tikus Sprague Dawley yang merupakan jenis outbred tikus albino serbaguna digunakan secara ekstensif dalam riset medis. Keuntungan utamanya adalah ketenangan dan kemudahan penanganannya. Tikus jenis ini pertama kali diproduksi oleh peternakan Sprague Dawley (kemudian menjadi Perusahaan Animal Sprague Dawley) di Madison, Wisconsin. Fasilitas penangkaran dibeli pertama kali oleh Gibco dan kemudian oleh Harlan (sekarang Harlan Sprague Dawley) pada bulan Januari 1980.

Rata-rata ukuran berat tubuh tikus Sprague Dawley adalah 10.5. Berat badan dewasa adalah 250-300g bagi betina, dan 450-520g untuk jantan. Hidup yang khas adalah 2,5-3,5 tahun. Tikus ini biasanya memiliki ekor untuk meningkatkan rasio panjang tubuh dibandingkan dengan tikus Wistar.

2. 3. Biobreeding tikus

Tikus Biobreeding Diabetes Prone (atau Tikus BBDP ) adalah tikus galur inbred yang berkembang secara spontan autoimun Type 1 Diabetes. Seperti NOD tikus, tikus BB digunakan sebagai hewan model untuk tipe 1 diabetes. Galur ini telah banyak me-rekapitulasi-ulang beberapa fitur diabetes tipe 1, dan telah memberikan kontribusi yang besar kepada penelitian patogenesis T1D.

2. 4. Long-Evans tikus

Long-Evans tikus adalah tikus strain outbred milik spesies Rattus norvegicus. Jenis galur ini dikembangkan oleh Drs. Long dan Evans pada tahun 1915 dengan menyilangkan beberapa Wistar betina dengan abu-abu liar laki-laki. Long Evans tikus putih dengan tudung hitam, atau kadang-kadang putih dengan kerudung cokelat. Mereka dimanfaatkan sebagai model serbaguna organisme, sering dalam perilaku dan penelitian obesitas.

2. 5. Zucker tikus

zucker rat[http://wapedia.mobi/]

Zucker tikus dibiakkan menjadi model untuk penelitian genetik pada obesitas dan hipertensi. Mereka dinamai setelah Lois M. Zucker dan Theodore F. Zucker, peneliti pelopor dalam studi genetika obesitas. Ada dua jenis tikus Zucker: tikus Zucker ramping, dilambangkan sebagai sifat dominan (Fa / Fa) atau (Fa / fa), dan obesitas khas (atau lemak) Zucker tikus, yang notabene adalah sifat resesif (fa / fa) dari reseptor leptin, yang mampu menimbang sampai dengan 1 kg (2.2 lb)-lebih dari dua kali berat badan rata-rata.

Tikus Zucker obese memiliki level lemak dan kolesterol tingkat tinggi dalam darah mereka, yang tahan terhadap insulin tanpa hyperglycemic, dan berat badan dari mendapatkan berat tubuh dari ukuran dan jumlah sel-sel lemak. Obesitas pada tikus Zucker terutama terkait dengan alam hyperphagic mereka, rasa lapar yang berlebihan, namun asupan makanan tidak sepenuhnya menjelaskan hiperlipidemia atau komposisi tubuh secara keseluruhan.

2. 6. Tikus gundul

tikus gundul[http://wapemedia.mobi/]

Diperkirakan bahwa ada lebih dari dua puluh lima gen resesif yang menyebabkan hairlessness di laboratorium tikus. Yang lebih umum yang dilambangkan sebagai rnu (Rowett telanjang), fz (fuzzy), dan shn (dicukur).

     * Rowett telanjang, pertama kali diidentifikasi pada tahun 1953 di Skotlandia, tidak memiliki timus. Kurangnya organ ini sangat kompromi sistem kekebalan tubuh mereka, infeksi saluran pernapasan dan meningkatkan mata yang paling dramatis.

* Fuzzy tikus yang diidentifikasi pada 1976 di sebuah Pennsylvanian laboratorium. Penyebab utama kematian di antara fz / fz tikus pada akhirnya gagal ginjal progresif yang dimulai sekitar usia satu.

* Lain-tikus dibiakkan dari tikus Sprague Dawley di Connecticut pada tahun 1998. Mereka juga menderita masalah ginjal parah.

2. 7. RCS tikus

Tikus Royal College of Surgeons (RCS) adalah hewan pertama yang diketahui dengan degenerasi retina Warisan. Meskipun cacat genetik tidak diketahui selama bertahun-tahun, itu pertama kali diidentifikasi pada tahun 2000 untuk menjadi mutasi pada gen Mertk. Hasil mutasi ini cacat epitel pigmen retina fagositosis dari luar photoreceptor segmen.

2. 8. Tikus Getar Kawasaki (Shaking Rat Kawasaki)

Tikus Getar Kawasaki yang tidak memiliki RELN fungsional gen yang mengkodekan reelin, protein penting untuk korteks tepat laminasi dan perkembangan otak kecil. Fenotipe yang mirip dengan tikus reeler diteliti secara luas.

Disadur dan diterjemahkan secara bebas dari berbagai sumber, terutama http://wapedia.mobi & http://en.wikipedia.org/wiki/Laboratory_rat


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204

Baca juga: Tikus untuk Penelitian Laboratorium
Melayani Tikus (Rat) untuk penelitian. Tersedia Strain Wistar dan Spargue Dawley, segala usia dan bobot tubuh.


Rattus norvegicus
Stok Rat untuk penelitian, tersedia segala umur dan bobot tubuh. Melayani semua kebutuhan penelitian.

37 responses to “Tikus untuk Penelitian di Laboratorium

  1. Pingback: Bisnis Tikus Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Pingback: Ternak Tikus (Rat) Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  3. Pingback: PEMASARAN TIKUS PUTIH « Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. Pingback: links for 2010-03-07 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  5. di medan ternak tiput ada di mana?

  6. ~klo indukan yg bersertifikat ad yg dijual ngga?
    ~alamat lengkap sy mnta…sy dr jogja…

  7. klu nak beli anak tikus camana ?

  8. Salam,
    numpang informasi yah…

    Klo ada yang perlu alat2 physiologi (untuk tikus dan mencit):
    Hotplate analgesia, Pletismometer, NIBP system, dan alat2 lab,
    mohon diemail permintaannya ke intralabtm@gmail.com.

    Trima kasih.

  9. Pingback: Biologi Tikus Putih (Mus musculus) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  10. Ass. pak saya seorang pengemar tikus putih cz lucu n unik tp akhir2 ini ada permasalahan pada tikus putih tiba-tiba ada semacam penyakit pada telinganya dan ekornya muncul bintil bintil kayak kutil,dan makin lama makin menjijikan,mau sy bunuh tapi kasihan kira2 bisa sembuh tidak ya pak, truz kira kira apa penyebabnya, dan apa obatnya trimakasih

    • Perlu sanitasi kandang, kandang dibersihkan secara teratur, dan alas diganti secara berkala.
      Di tempat2 yang dingin, kadang2 ada kutu yg menempel di telinga. Pakai obat yg bisa dibeli di toko binatang/petshop. Cuma lupa namanya. Tanya aja langsung.

  11. trimaksh pak infonya, oh ya untuk alasnya yang paling bagus mngunakan sekam atau bekas gergajian kayu ya pak.. trimkash.

  12. ada jenis tikus brp.

  13. Pak,jenis tikus SD ada?Berapa persediannya?Mohon konfirmasi secepatnya.Selain tikus apakah ada ternak lain seperto bekicot?terimakasih.

  14. Pak saya mau tanya, untuk tikus Wistar , kisaran harganya berapa ya ? thx

  15. kang,,mau nanya…
    biasanya intuk penelitian sedatif pada mencit itu pakainya yang galur ap yaa????btuuh infonya nii…
    trims

  16. Assalamualaikum
    mau nanya, untuk kandang tikus di untuk penelitian, bagusnya apakah selalu dicuci untuk menjaga kebersihannya?
    Atau membersihkan dengan cara dilap saja cukup?
    atau mungkin ada cara lain untuk menjaga kebersihan kandangnya?

  17. saya mau tanya….kalo mau meneliti pada tikus yang hamil, sebaiknya jenis tikus apa ya? apa perbedaan tikus wistar dan mencit balb/c?

  18. kalo bulu tikus berwarna kuning,apakah tikusnya trserang penyakit atau ada hal lain gan??

    • kalau tikusnya sehat mungkin memang warna bulunya berubah jadi kuning. Kalau tikusnya tampak tidak sehat ya mungkin terserang penyakit

  19. Tikus putih tuh umur brp bru bisa kawin???

  20. pak gmna cara pemesanan tikus sprague dawley dan brp harga

  21. pak kira- kira harga tikus balb/c brp ya ?

  22. skripsiku judulnya tikus jd maka dari itu saya hrs lbh semangat membuktikannya??

  23. pak, bisa hantarin ke UNPAD, bandung ?

  24. Apa ada ya yg jual tikus hitam (mencit) mouse strain C57BL/6 di Indonesia?

  25. beli ny dmn gan

Leave a comment