BukuKu


Download ratusan e-book gratis.


Fotografi Asik dengan Kamera Saku

image

Buku ini adalah berbagi pengalaman memotret dengan kamera saku. Sebagian besar foto2 yang saya ambil menggunakan kamera saku. Hasilnya tidak kalah dengan foto2 yang diambil dengan kamera DSLR. Kamera hampir selalu saya bawa ke mana-mana. Saya abadikan apa saja.

Buku kecil ini terangkum tips2 dan kiat2 memotret. Meski saya bahas tentang kamera saku, namun bisa juga digunakan untuk kamera2 lain, termasuk kamera HP.

Buku kecil ini diterbitkan oleh Penerbit Andi, Yogyakarta, tebal 94 halaman, dan disertai puluhan contoh foto. Buku ini bisa diperoleh di toko buku terkemuka di kota Anda atau Anda bisa juga memesannya melalui email: isroi93@gmail.com.

Silahkan kunjungi galery foto saya di:
FACEBOOK|KAMERASAKU
INSTAGRAM
ISROIPHOTOGRAPHY
500PX
TWITTER

image

Buku Fotografi Asik dengan Kamera Saku tersedia di toko buku terkemuka di kota Anda


Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Biang POC – GRATIS

Buku KomposBuku ini membahas secara lengkap pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Biang POC. Pembahasan dimulai dari latar belakang POC, manfaat POC bagi tanaman dan perbedaannya dengan Pupuk Organik Granul (POG), seni meramu POC, dan strategi pemasaran POC. Buku ini sangat bermanfaat untuk petani atau kelompok tani yang ingin mandiri dalam menyediakan pupuk; terutama pupuk organik. Buku ini juga berguna bagi penyuluh pertanian, kelompok tani, maupun pengusaha yang bergerak di bidang pupuk organik. Semoga buku ini bermanfaat.

Klik di sini untuk menddownload buku ini.



Buku Kompos

KOMPOS: cara mudah, murah, & cepat menghasilkan kompos

Klik di sini untuk membaca ringkasan buku

Buku ini awalnya dari sebuah makalah pelatihan kompos yang saya tulis beberapa tahun yang lalu. Isi bukunya sederhana, singkat, tetapi membahas tentang dasar-dasar dan konsep pengomposan. Karena waktu itu saya sedang rajin-rajinnya memberi pelatihan ke petani, dalam buku ini dicontohkan cara membuat kompos dari jerami. Pada suatu waktu ada seorang teman yang tertarik untuk menerbitkan buku ini. Cukup lama tidak ada kabar tentang buku ini. Namun, akhirnya buku ini jadi diterbitkan oleh Penerbit Andi. Memang buku ini tidak lengkap dan masih banyak hal yang belum saya cantumkan di dalam buku ini. Untuk melengkapi materi dalam buku ini, pembaca silahkan browsing di blog ini.



buku pupuk organik granul

PUPUK ORGANIK GRANUL: sebuah petunjuk praktis


Klik di sini untuk mendownload buku ini

Buku ini bisa dibaca dan didownload dari Google Play Book.

Draf buku ini sebenarnya sudah saya buat sejak tahun 2007an. Waktu itu saya sedang belajar membuat pupuk organik dari kompos. Dan waktu itu pupuk organik granul (POG) belum seramai saat ini. Aku mencoba mendokumentasikan apa yang aku pelajari. Tahun-tahun berikutnya ketika krisis moneter tahun 2008 harga pupuk kimia melambung tinggi. Saya semakin lebih rajin belajar tentang pupuk organik ini. Saya melihat, waktu itu, bahwa petani seharusnya bisa dan mampu membuat pupuk organik sendiri. Maka, saya selesaikan draf buku ini dan saya gratiskan. Harapannya agar lebih banyak orang yang bisa membuat dan memproduksi pupuk organik granul.

Buku ini aku tulis pada saat liburan. Tidak banyak agenda yang saya miliki, jadi bisa full speed waktu menulis. Kalau tidak salah draf ini selesai dalam waktu 3 hari, ngedur bin nglembur. Ngak tidur sebelum drafnya selesai.



buku ms power point

Trik Desain Presentasi dengan MS PowerPoint

Ini adalah buku kedua saya yang diterbitkan. Waktu itu iseng saja, saya datang ke kantor Elexmedia dan ketemu Mas Vincent. Nah, aku ceritakan tentang topik buku. Aku mengajukan dua judul dan semuanya diterima. Buku ini aku selesaikan dalam waktu kurang dari satu bulan.

Pada saat itu aku sedang rajin-rajinnya membuat presentasi. Tiada hari tanpa membuat presentasi. Ibaratnya sambil ‘merem’ pun aku bisa membuat presentasi. Saya suka bereksperimen, termasuk dalam masalah presentasi ini. Saya banyak melakukan eksprimen, dan buku ini sedkikit kesimpulan dari apa yang sudah saya lakukan. Saya juga suka mengamati dan belajar dari orang lain dalam membuat presentasi. Saya sangat suka dengan buku ini.

Buku ini bisa dibaca di Google Books



Buku ms word

Tip Bekerja Lebih Efektif dengan MS Word 2003

Program aplikasi word proccesor berkembang sangat pesat. Banyak fasilitas dan kemampuan baru ditambahkan. Namun, kalau saya perhatikan fasilitas dan kemampuan baru ini tidak banyak dimanfaatkan oleh penggunanya. Mereka menggunakan MS Word seperti menggunakan ‘mesin ketik’ jaman dulu. Karena itu saya tertarik untuk menulis buku ini. Buku ini berisi beberapa tip dan trik menggunakan MS Word, termasuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang powerfull tetapi jarang dipakai.

Buku ini bisa dibaca di Google Books



Movie dari Foto digital

Tip dan Trik Membuat Movie dari Foto Digital

Ceritanya waktu itu saya diminta untuk membuat movie dari sebuah foto. Setelah puter-puter nyari program aplikasi yang cocok, ternyata di Microsoft sudah menyediakan sebuah program untuk ini, waktu itu masih bisa diinstall secara gratis, nama programnya PhotoStory. Sederhana, mudah dipakai, dan cukup lengkap. Saya mencoba mendokumentasikan apa yang saya tahu tentang program ini dalam buku ini.

Buku ini bisa dibaca di Google Books




Budi Daya Padi Sehat

BUDIDAYA PADI SEHAT

Klik di sini untuk mendownload buku ini

Suatu ketika saya diminta untuk menjadi tenaga pendamping program PRIMA TANI. Seharusnya yang menjadi pendamping adalah peneliti senior, tetapi oleh kantor saya yang dipilih. Jadi saya harus banyak belajar tentang dunia becocok tanah. Saya banyak belajar ke Pak Haji Zaka. Buku ini merangkum pelajaran-pelajaran yang diberikan Pak Haji ke saya. Draf buku ini saya buat tahun 2007. Sebenarnya sudah banyak informasi baru dan teknologi baru yang diterapkan. Namun, demikian isi buku ini sangat praktis dan mudah diikuti oleh petani.



Windows Movie Maker

MEMBUAT VIDEO KLIP DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER

Masih cerita yang sama pada saat saya diminta untuk mengedit movie. Saya menggunakan program yang telah disediakan oleh Microsoft. Meskipun programnya tidak selengkap aplikasi komersial lainnya, tetapi program ini sudah mencukupi untuk kebutuhan personal. Dengan program ini kita sudah dapat membuat sebuah movie,mengedit, dan menambahkan beberapa efek yang menarik. Satu lagi, program ini cukup ringan dan bisa dijalankan tanpa banyak masalah di PC Dekstop atau pun Netbook. Program ini bisa dijalankan oleh pemula yang baru belajar mengedit movie. Apalagi kalau sedang diburu waktu, program ini cukup bisa diandalkan.



SPP Trik Efek Animasi

TRIK EFEK ANIMASI PADA POWER POINT

Efek animasi menjadi salah satu kekuatan presentasi. Pada saat itu, presentasi yang dilengkapi dengan animasi bisa membuat decak kagum audient. Jadi saya banyak berekplorasi dengan efek animasi ini. Ternyata banyak yang bisa kita lakukan dengan efek animasi yang disediakan oleh Microsoft. Banyak sekali dan bagus-bagus. Waktu buku ini ditulis MS PP baru sampai pada versi 2002, dan sekarang sudah lebih banyak efek yang ditambahkan. Akan tetapi dasar-dasar penggunaannya masih sama. Saya sangat menikmati waktu menulis buku ini, jadi draf buku ini sudah selesai dalam waktu kurang dari satu minggu.



tutorial jabref

TUTORIAL JABREF

Klik di sini untuk mendownlaod buku ini

Pekerjaan saya meneliti, jadi saya banyak mencari jurnal-jurnal untuk mendukung penelitian saya. Banyak sekali jurnal-jurnal dan literatur ilmiah yang saya miliki, jumlahnya ribuan. Jadi pusing juga kalau mau mencari dan membacanya. Dalam jumlah yang demikian banyak, manajemen referensi tidak mungkin lagi dilakukan secara manual. Jadi aku mencari-cari program aplikasi di internet untuk urusan yang satu ini. Akhirnya dapatlah JabRef. Jabref program free yang sangat membantu. Fasilitasnya lengkap dan bisa diintegrasikan dengan aplikasi word proccessor, seperti MS Word dan OpenOffice.

Dengan menggunakan JabRef, manajemen referensi menjadi lebih mudah. Sangat memudahkan pada saat studi literatur ataupun pada saat menulis jurnal-jurnal ilmiah. Saya rasa mahasiswa, peneliti, dan dosen wajib menguasai program ini.



sgspowerpoint

BERMAIN-MAIN DENGAN POWERPOINT

MS PowerPoint sudah jadi makanan sehari-hariku. Dan program ini menjadi salah satu program yang harus dipelajari oleh anak-anak sekolah. Saya pingin juga berbagi pengalaman dan ilmu dengan anak-anak sekolah. Jadilah saya membuat buku ini, sebuah buku sederhana yang dibuat dengan konsep learning by doing. Jadi titik beratnya pada latihan, bukan pada teorinya.

Rupanya buku ini cukup diminati dan dialih bahasakan ke bahasa Malaysia. Lumayan juga.

Buku ini juga bisa dibaca di Google Books


Sebenarnya masih ada satu buku lagi, yaitu buku Belajar VB6+. Buku pertamaku yang diterbitkan.

31 responses to “BukuKu

  1. Pingback: links for 2010-03-07 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Mas Isroi,

    Saya belum pernah temukan bahasan tentang bio-control untuk hortikultura.

    Salam
    Slamet

    • Terima kasih, Pak Slamet,
      Saya tidak banyak bekerja dengan biocontrol. Hanya tahu saja. Karena itu saya tidak banyak menulis tentang topik tersebut. Saya hanya menulis sesuatu yang saya kerjakan atau saya dalami.

  3. Mas, isroi
    Saya sedang mencari bahan alami untuk pembuatan LCP(Liquid Crytal Polymer).

    Mohon bantuannya.

    Salam
    Heru

  4. pak buat pupuk kompos itu susah g sih?

  5. bos klo beli biang poc , asam humat ,auksin , gibrelin ,sitokinin masing2 1botol boleh ga? dan klo boleh tau kandungan biang poc apa saja? mohon rinciannya.trim bos

  6. Pak, isroi…klu daun mimba ada yg sdh di buat kemasan botol gk..???
    klu ada belinya di mana pak…???

  7. Pak Isroi… Klo pingin beli biofertilizer bisa enggak ya ? dimana saya dapat mendapatkannya.

  8. pak isroi, saya sedang melakukan penelitian tentang pemberian ZPT untuk tanaman sawit pada masa pembibitan awal, namun semua perlakuan dan peubah yang saya dapati adalah tn (tidak nyata), kira2 apa alasan kenapa sawit yang saya teliti tidak berpengaruh nyata, ZPT yang saya gunakan adalah auksin dan sitokinin, mohon bimbingannya….

    • Tidak berbeda nyata bisa karena bbrp hal dan berarti pengaruh errornya lebih tinggi dari perlakuan yg kita berikan. Sebelum melakukan penelitian biasanya saya orientasi dulu. Pertama studi literatur, dan lihat bbp konsentrasi yg sdh dicoba orang. Kemudian melakukan percobaan kecil dengan konsentrasi yg extrim. Klo terlihat ada perbedaan visual baru dilakukan percobaan yg lebih detail.
      Tidak beda nyata bisa juga terjadi karena ‘range’ konsentrasi yg kita berikan terlalu sempit dan tidak memberikan pengaruh yg nyata pada percobaan.
      Atau, errornya terlalu tinggi. Coba lihat data standard deviasinya.
      Atau, ada pengaruh lain yang tidak kita kontrol.
      Atau, kita tidak melakukan penelitian dg hati2 dan melakukan kaidah statistik dg benar.

  9. tq atas jawabannya,
    kira2 ada gak literatur yang menjelaskan tentang pemberian auksin dan sitokinin kepada tanaman sawit, lebih spesifiknya pada saat pembibitan awal (pre nursery)?

  10. tp apakah anda pernah melakukan penelitian pemberian ZPT untuk tanaman perkebunan?

    trimakasih atas saran dan infonya,
    senang bisa berdiskusi bersama anda…

  11. daud perwira darma

    koq ga bisa download ya? bisa minta/beli hard filenya/ bukunya?

  12. mas.isro dalam tanaman cabai bisa gak untuk menggunakan pupuk organik murni dan bagaimana caranya

  13. Mas, perekat yg palik baik merekatkan pupuk organik granul, perekat jenis apa ya?

  14. maulana saptono

    limbah kakao sudah terlanjur menggunung, kondisinya beragam (busuk sampai segar) apakah perlu penanganan tambahan utk yg sudah mulai membusuk dalam pembuatan kompos (bantuan promi)?

    • Disortasi atau di ayak saja, yang sudah jadi kompos langsung dipacking sedangkan yang masih mentah dibuat kompos lagi dengan penambahan Promi. Semoga bermanfaat.

  15. Pingback: Kebutuhan untuk Menulis | Berbagi Tak Pernah Rugi

  16. Salam mas, mau tanya kalau bisa tau?? Tentang cara sederhana n efisien membuat kristal pasir pada gula,, untuk nira murni kita sdh ada. Maaf menyimpang dari topik, namun saya sangat butuh share ttg ini, mungkin juga teman2 diluar sana bisa membantu, saya ucapkan banyak terima kasih………….

    Dari yg sangat membutuhkan… Aidil hp. 0812 7755 6899

Leave a comment